Visi, Misi dan Tujuan

VISI, MISI, DAN TUJUAN

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM) diturunkan dari visi, misi, tujuan dan sasaran dan renstrabis UM, dan disesuaikan dengan visi, misi Kemenristekdikti. Pihak-pihak internal yang terlibat dalam penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran FE adalah dekan, para wakil dekan, para ketua jurusan, para koordinator program studi, para kepala laboratoium, para dosen, perwakilan mahasiswa, alumni dan tenaga kependidikan. Sedangkan pihak eksternal yang dilibatkan meliputi instansi pengguna lulusan baik swasta maupun pemerintah, Ikatan Keluarga Alumni UM (IKA UM), perwakilan organisasi profesi.

Penyusunan visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian FE UM dilakukan melalui rapat di tingkat fakultas yang dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Koordinator Program Studi, Kepala Laboratorium, Perwakilan Dosen tiga jurusan, Kepala Bagian Tata Usaha, para Kepala Sub Bagian, perwakilan mahasiswa, yang kemudian dilanjutkan dalam bentuk seminar dan workshop dengan melibatkan dosen, alumni, perwakilan mahasiswa dan tenaga kependidikan. Setelah konsep visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian tersusun, langkah berikutnya adalah mereview/mengkritisi konsep tersebut bersama dengan pihak eksternal.

Pihak eksternal terdiri dari instansi pengguna lulusan baik swasta maupun pemerintah, Ikatan Keluarga Alumni UM (IKA UM), perwakilan organisasi profesi (ISEI, IAI, guru-guru MGMP, Dunia usaha dan Industri, kesemuanya memiliki peran sangat strategis untuk mengkritisi visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian yang telah dikembangkan oleh pihak internal, terutama untuk mensinerjikan dengan kepentingan eksternal terhadap lulusan FE UM. Pelibatan pihak eksternal dalam penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran dan strategi pencapaian sangat dibutuhkan, karena pemahaman mengenai kompetensi yang diinginkar pihak eksternal harus sesuai dengan kompetensi yang akan ditanamkan oleh fakultas kepada mahasiswa. Dunia kerjalah yang memahami ketrampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan karena itu FE sangat memperhatikan keterlibatan pihak eksternal untuk memberi masukan. Masukan terutama terkait dengan trend matakuliah-matakuliah baru yang dapat dikembangkan, sub bahasan terkait dengan perkembangan terkini, maupun model-model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran.

Disamping itu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian cepat yang terbukti merubah sendi-sendi kehidupan masyarakat harus dengan segera mendapat respon dari perguruan tinggi. Hasil kritisi dari pihak eksternal digunakan sebagai salah satu bahan revisi visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian yang sesuai dengan kepentingan eksternal.

VISI

Fakultas Ekonomi yang unggul dalam mencetak kader bangsa yang kreatif, memiliki daya saing, dan peduli terhadap nilai-nilai kemanusiaan, serta menjadi rujukan pengembangan bidang pendidikan ekonomi dan ilmu ekonomi.

MISI

Untuk mencapai visi yang telah ditetapkan, Fakultas Ekonomi UM mengemban misi sebagai berikut;
1. menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di perguruan tinggi yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
2. menyelenggarakan penelitian dan pengembangan dalam ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu sosial budaya, ekonomi dan bisnis yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat;
3. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilimu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu sosial, budaya, ekonomi dan bisnis;
4. menyelenggarakan tata pamong perguruan tinggi yang otonom, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

TUJUAN

1. menghasilkan lulusan yang kompeten, cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional;
2. menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dan menjadi rujukan dalam ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu sosial budaya, dan ekonomi bisnis;
3. menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu sosial budaya, dan ekonomi dan bisnis untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera;
4. menghasilkan kinerja institusi yang efektif dan efisien untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berkelanjutan.