Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan Direktorat Jenderal Pengelollan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Surat Utang Negera (SUN). Kegiatan dilakukan di Aula FE UM pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2015.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akademik dilingkungan FE UM tentang kompleksitas masalah anggaran serta kebijakan emisi Surat Utang Negara. Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari pejabat Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementrian Keuangan Republik Indonesia.
Narasumber antara lain Ibu Wulandari Fujiastuti (Kepala Seksi Dukungan Analisis Pasar Keuangan, Direktorat Surat Utang Negara, DJPPR) dan Novi Puspita Wardani (Kepala Seksi Pelaksanaan Transaksi SUN dan Derivatif II, Direktorat Surat Utang Negara, DJPPR).
Dalam sambutan pembukaan, Dekan Fakultas Ekonomi, Prof. Dr. H. Budi Eko Soejtipto, M.Ed., M.Si mengatakan bahwa kebijakan hutang yang dilakukan oleh pemerintah harus dilakukan dengan pengelolaan yang prudent sehingga tidak memberikan implikasi risiko yang besar kepada perekonomian Negara. Sehingga kebijakan hutang yang dilakukan harus pula disertai dengan penggunaan anggaran secara efektif dan efisien.
Kegiatan ini diikuti oleh 250 peserta yang berasalh dari mahasiswa dan dosen FE UM serta beberapa dosen dari perguruan tinggi lain disekitar Universitas Negeri Malang.
Dalam pemaparanya, narasumber memberikan informasi mengenai latar belakang atas kebijakan emisi Surat Utang Negara serta bagaimana surat utang tersebut dikelola sehingga tidak menimbulkan dampak atau risiko negative bagi perekonomian Indonesia.