2nd International Research Conference on Economics and Business

Senin 22 Oktober 2018, Fakultas Ekonomi Universitas Malang (UM) bersama Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Komisariat Malang Raya telah menyelenggarakan acara tahunan yaitu, 2nd International Research Conference on Economics and Business (IRCEB) di Savana Hotel dan Convention dengan tema “Sustainability Accounting, Entrepreneurship and Economic Growth to Promote Innovation-Led Growth in SME’s”. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor 1, Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si. serta Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak., CA.

Dr. Hj Puji Handayati, S.E.Ak, M.M., CA, CMA selaku Ketua Pelaksana 2nd IRCEB menerangkan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan publikasi yg bereputasi baik untuk civitas akademik perguruan tinggi di indonesia, serta untuk meningkatkan kerjasama dan peningkatan disektor UMKM. Dalam seminar kali ini 2nd IRCEB mengundang 1 keynote speakers dan 3 pembicara dari luar negeri, yaitu bapak Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga yang diwakilkan oleh Dr Rully Nuryanto selaku Deputi ESDM Kementrian Koperasi dan UKM, Prof. Kelly’s Jayasinghe dari Essex University – UK, Dr. Mahira Kamaludin dari University Terengganu – Malaysia dan Dr. Maxwell Briggss dari QUT Business School – Australia.

Kegiatan 2nd IRCEB juga dihadiri oleh Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, beliau memberikan beberapa pernyataan yang menilai bahwa UMKM adalah salah satu penopang ekonomi di Indonesia, tetapi pergerakannya masih banyak masalah terutama dari segi modal, kualitas barang dan pemasarannya. Jumlah peserta yg hadir dalam seminar internasional ini sebanyak 186 orang yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan beberapa peserta dari luar negeri. Untuk kegiatan 2nd IRCEB sendiri terbagi atas 2 sesi yaitu, sesi Seminar dengan 3 pembicara dari luar dan sesi paralel yaitu pemaparan artikel dari hasil penelitian para peserta yang mengumpulkan paper.