Workshop Editing dan Reviewing Artikel Ilmiah oleh Jurusan Akuntansi


MEPNews.id —Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM), Jumat 22 – Minggu 24 September 2917, menyelenggarakan workshop tentang Editing dan reviewing artikel jurnal ilmiah. Acara ditempatkan di Hotel Ijen Suits, Malang dengan tiga pembicara. Pertama, Dr. Drs. Djuwari, M.Hum dari STIE Perbanas Surabaya, dan juga President of International Association of Scholarly Publishers, Editors, and Reviewers (IASPER). Pembicara kedua dan ketiga adalah Roni Herdianto, ST., MT., dan Aji Prasetya Wibawa, ST., MT., Ph.D, dari UM.
Acara dibuka oleh Ketua Jurusan (Kajur) Akuntansi Dr. Nurika Restuningdiah, SE., M.Si. Ak., CA., dan juga sambutan oleh Dr. Sri Pujiningsih, SE., M.Si. Ak. Pengelola Jurnal Akuntasni Aktual (JAA) FE, UM. “Acara ini untuk meningkatkan proses pengelolaan JAA dan sekaligus sharing terkait dengan strategi mengedit dan mereview berpola Open Journal System (OJS).” Papar Kajur Akuntansi, Nurika Restuningdiah. Dalam acara ini, khusus Djuwari diundang untuk memberikan pengelolaan jurnal ilmiah dan cara mengedit dan mereview artikel.
Djuwari memberikan berbagai contoh pengalamannya sebagai editor dan reviewer jurnal ilmiah internasional. Dia juga memberikan contoh-contoh dan praktik editing artikel berbahasa Indonesia. Artkel berbahasa Inggris dan Indonesia memiliki persoalan yang sama dalam hal editing. Adapun dalam hal reviewing, satu jurnal dengan yang lain bisa berbeda, khususnya pertanyaan dalam form review. Kalau di jurnal internasional, menurut pengalaman Djuwari, pertanyaannya lebih banyak dan detail sedangkan jurnal di dalam negeri cenderung lebih sedikit.
“Kami di Jurnal Akuntansi Aktual (JAA) berupaya untuk meningkatkan mutu proses editing dan reviewing artikel. Kami bertekad untuk selalu meningkatkan pengelolaan jurnal dengan melakukan sharing agar bisa berbagi pengalaman.” Urai Sri Pujiningsih Pengelola JAA sekaligus Ketua pelaksana Workshop ini.
Semua yang terlibat dalam penegelolaan JAA hadir dalam workshop selama tiga hari sambil mereview artikel yag sudah masuk. Kedepannya, kegiatan dan pengelolaan JAA diharapkan bisa terus menjadi Jurnal Ilmiah sampai pada proses tahapan terakreditasi. Upaya kegiatan workshop ini merupakan wujud nyata tekad untuk menjadikan JAA sebagai jurnal andalan di Jurusan Akuntansi FE, UM ini. (dwr).