1st Winner Youth Entrepreneurship Symposium 2017, National University of Singapore

YOUTH ENTREPRENEURSHIP SYMPOSIUM (YES) 2017 adalah symposium tahunan yang diselenggarakan oleh Nebo Singapura (organisasi kepemudaan terbesar di bawah naungan Kementerian Kepemudaan dan Budaya di Singapura) yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan entrepreneur muda dari berbagai bidang. Dalam tahunnya yang kesepuluh YES dengan tema ‘Entrepreneurship as a Career’ kembali diadakan dalam bentuk 4 hari interaktif dan symposium yang komprehensif, kompetisi business canvas model, mentoring program, dan membuka kesempatan bagi peserta untuk mendapatkan relasi dari berbagai perusahaan. Dalam program ini Nebo bekerja sama dengan Studec International untuk memilih 70 delegasi Indonesia yang telah diseleksi dari 400 pendaftar se Indonesia untuk berkompetisi dengan 280 delegasi yang telah dipilih oleh Nebo Singapura. Selain itu YES 2017 dihadiri oleh 30 keynote speakers dan 50 Start-Up CEO se-ASEAN yang menjadi mentor untuk peserta. YES berlangsung mulai 13 Juni hingga 16 Juni di National University of Singapore.

Presentasi tim kami pun diwakili oleh saya Cattetiana Dhevi dan satu rekan saya, dengan mengandalkan nilai ke-Indonesia-an, yaitu wajah penuh senyum dan juga ‘unggah-ungguh’ di depan dewan juri, kami melakukan presentasi dengan penuh percaya diri dan berusaha menguasai situasi. Presentasi dilakukan dalam bentuk pitching, yaitu kami harus meyakinkan dewan juri dengan menyajikan penjelasan detail dan lengkap dalam waktu sangat singkat, yaitu tiga menit, tentunya dalam bahasa inggris. Dengan berbekal nilai TOEFL ITP 533 dan motto ‘sing penting yakin’, saya mengucap Bismillah sebelum memulai presentasi.

Berangkat ke Singapura, untuk berkompetisi lebih dari cukup dan saya tidak pernah membayangkan hasilnya. Saat pengumuman finalis tim kami masuk menjadi 6 besar dimana hanya dua tim dari Indonesia yang lolos dalam babak final. Setelah itu kami harus kembali mempresentasikan business canvas model dihadapan seluruh peserta dan juga dewan juri final yang merupakan CEO dan investor. Saat pengumuman, kami begitu terkejut dan haru, karena tim kami menjadi JUARA PERTAMA dalam Youth Entrepreneurship Symposium 2017. Hal ini juga sangat mengejutkan panitia karena dalam 4 tahun terakhir ini kali pertama Indonesia memenangkan YES 2017. Ada 3 pemenang utama dan dua lainnya berasal dari Singapura. Untuk juara pertama sendiri mendapatkan hadiah sebesar 2000 SGD, piagam penghargaan, buku entrepreneurship, software, dan juga voucher. Untuk penghargaan lainnya juga ada untuk 10 consolation team, the best innovative idea, the best co-op team, the best education team dan lainnya.